Kamis, 18 Maret 2010 di 15.52 Diposting oleh blog misteri 0 Comments

PENGANTAR..

Sbelumnya slam hormat utk Bro Lebat_Kumis & Bro Alter Ego,yg sudah memulai topik serupa. Tidak rupa salam hormat juga disampaikan utk seluruh member BF & Om Mod.. Apa yg sy tulis secra umum memiliki bbrp kesamaan dgn tread serupa yg sdh ada. Namun tetap ada PERBEDAAN yg cukup mendasar. Jd mhon maaf apabila sy membuka tread baru & bukan melengkapi yg sudah ada.


Hal ini juga merupakan sebuah AMANAT dr ORANGTUA,yg menginginkan agar tulisan ini ada di dunia maya (internet),agar dapat diakses oleh msyarakat luas,sehingga 'dua saudara' yg sekarang sdg bertikai dapat saling menahan diri.. Juga agar masyarakat luas mendapat sudut pandang yg berbeda ttg konfik yg terjadi di Palestina,sehingga dapat merespon dgn sikap yg tepat..



SEJARAH KAUM YAHUDI & KAUM PALESTIN

Kaum ini berawal dari Nabi Ibrahim yg memiliki dua orang anak, yakni; Nabi Ismail & Nabi Ishak.
Nabi Ismail kemudian memiliki beberapa keturunan yang diantaranya adalah; Yaman, Samiirah, Qurais & Palestin. Sedangkan Nabi Ishak kemudian memiliki anak Nabi Yakub. Kemudian Nabi Yakub memiiki 12 orang anak,diantaranya adalah Nabi Yusuf. Dari keturunan Nabi Yakub inilah yang kemudian menjadi suku / kaum / marga Yahudi. Sedangkan dari keturunan Nabi Ismail yang kemudian menjadi suku / kaum / marga Qurais & Palestin.

Pada garis turunan Nabi Ishak,melahirkan beberapa Nabi, yang semuanya mengikuti hokum& agama ketauhidan Tuhan, serta tata kehidupan yang beradab. Karena
Dari trah keturunan Nabi Yakub kemudian lahirlah Nabi Isa (Nabi Musa – Nabi Idris – Nabi Daud – Nabi Isa). Sedangkan keturunan Nabi Ismail selama beberapa waktu tidak menurunkan nabi (sampai lahirnya Nabi Muhammad SAW). Sehingga secara psikologi..keturunan Nabi Ismail PADA SAAT ITU adalah kaum jahiliyah.

Dikisahkan bahwa saudara2 Yusuf (pada saat itu Yusuf belum menjadi Nabi), melaporkanlah kepada Nabi Yakub (ayahnya) bahwa Yusuf dinyatakan wafat dengan barang bukti baju Yusuf yg penuh dgn darah. Kejadian ini dilatarbelakangi oleh kecemburuan saudaranya terhadap perhatian sang ayah (Nabi Yakub) yang lebih sayang kepada Yusuf. Adapun otak dari perbuatan tersebut adalah si anak nomor dua,yakni Yudis. Sampai akhirnya..Nabi Yusuf dikemudian hari mendirikan kebenaran (agama Tauhid),seluruh saudaranya bertobat & bergabung bersama Nabi Yusuf.. Terkecuali Yudis, yang kemudian bergabung dengan sepupu misan-nya (dari keturunan Nabi Ismail) yang salah satunya bernama Palestin. Selanjutnya terjadiah permusuhan antara generasi keturunan Nabi Ismail (yang pada saat itu tidak menurunkan Nabi) dengan keturunan Nabi Ishak (yang pada saat itu telah menurunkan beberapa Nabi).

Pada abad 15, Jerman masuk ke wilayah Yerusalem, Nazareth, Tel Aviv & kemudian menjajah wilayah tersebut. Pada saat itu,wilayah tersebut banyak dihuni oleh kaum Yahudi (keturunan Nabi Ishak). Sedankan kaum Palestin (keturunan Nabi Ismail) berada di Yordan, Jalur Gaza dan Syria. Kemudian Jerman melakukan pembantaian terhadap kaum Yahudi (dari ± 1 juta penduduk,tinggal tersisa ±300rb. Dari jumlah tersebut ± 10%nya tetap berada di wilayah tersebut & 90%nya mengungsi ke wilayah lain di dunia (Vatikan, Roma, Inggris, AS). Setelah pembantaian kaum yahudi, Jerman membutuhkan tenaga kerja. Dan pada saat itulah kaum / suku Palestin mulai masuk ke wilayah tersebut sebagai tenaga kerja Jerman.

Abad 18 inggris masuk wilayah tersebut. Setelah Inggris keluar,kemudian Inggris memerdekakan wilayah tersebut menjadi 2 wilayah, yaitu untuk suku Yahudi & suku Palestine. Mulailah suku yahudi kembali dari pengungsian menuju kampung halaman mereka & berdirilah negara Israel.

Tambahan:
Kutipan flyer dari Komite Solidaritas Lintas Agama Untuk Rakyat Palestina, Central Cikini Bld. Jl. Cikini Raya # 58. Jakpus, 3190 3622. Diterbitkan sekitar 2 minggu setelah invasi Israel ke Jalur Gaza, bertepatan dengan seminar yang dilakukan di Jakarta & juga dihadiri oleh Duta Besar Negara Palestina. Sebagan isi teks sdah disederhanakan untuk mempermudah pemahaman.

” Keserakahan Isrel ini bermula dari dibaginya tanah Palestina oleh PBB pada tahun 1946 dengan 55% tanah diberikan kepada Yahudi & hanya 45% saja yang diberikan kepada Palestina. Walau pada saat itu dari 1,8 juta penduduk hanya 34% orang Yahudi & 66% adalah orang Arab (muslim & kristen). Padahal pada saat itu orang Yahudi hanya memiliki 7% dari wilayah tersebut. Ini adalah kenaikan jumlah orang Yahudi yang sangat signifikan,karena berdasarkan sensus tahun 1922, orang Yahudi hanya 11% & 89% adalah orang Arab.
Pada tahun 1948 negara Israel diproklamirkan & negara tersebut melakukan ekspansi dengan menghancurkan ± 400 pemukiman Arab, 1/3 penduduk Arab mengungsi & Israel menduduki 78% wilayah tersebut. Hanya tersisa 22%, yaitu Jalur Gaza (dikusai Mesir) & Tepi Barat (dikusai Jordania).
Pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Syria, Jordania & merebut Jalur Gaza, Tepi Barat, Dataran Tinggi Golan & Gurun Sinai. Berarti 100% tanahPalestina dikuasai Israel. Hanya Gurun Sinai yang diberikan kembali kepada Mesir. Sedangkan Jalur Gaza & Tepi Barat dianeksasi menjadi daerah pennduduk Israel, termasuk kota suci Jerusalem yang dijadikan ibukotanya.
Mereduksi konflik di Jalur Gaza sebagai perang agama adalah sangat berbahaya & tidak betanggung jawab. Mendistorsi konflik ini menjadi perang agama juga sangat merugikan rakyat palestina. Karena akan melemahkan dukungan internasioanal. Rakyat palestina adalah rakyat majemuk yg terdiri dari umat Islam & Kristen yang hidup rukun dan damai. Mereka berjuang bersama & bahu membahu melawan agresor Israel. Perlu diketahui bahwa 23 menteri pemerintahan otoritas Palestina, 8 orangnya beragama Kristen. Banyak juga cerdik pandai, sastrawan & pejuang Palestina yang beragama Kristen.”



Kehidupan umat beragama di negeri Israel ; rukun, teratur & tertib. Sebagai salah satu contoh, setiap hari Jumat,Sabtu & Minggu, perkantoran & pertokoan libur. Khusus bagi pertokoan dibuka jam 17.00 – 23.00. Di Yerusalem ada Jalan Jawa, yaitu jalan utama yg membelah 2 wilayah, yi ; Yerusalem Timur (kaum Yahudi yg 90% beragama Islam) dan Yerusalem Barat (90% beragama Hebron & Nasrani, Musi 10%).

SEJARAH MASJIDIL AQSO


Masjidil Aqso, Masjid Umar, Tembok Ratapan (tiga buah bangunan suci) berada di wilayah Yerusalem Timur. Dimana 99% penduduknya adalah muslim. Tembok Ratapan dibangun sekitar 1500 tahun sebelumnya dibangunnya Masjidil Aqso. Kakek moyang Nabi Musa, merantau ke kerajaan Firaun di Kairo – Mesir (jarak Mesir – Israel ± 1000km, melewati laut merah). Sampai pada saat jaman Nabi Musa,dimana beliau diusir oleh Raja Firaun, beliau kembali ke kampung halamannya di wilayah Yerusalem. Pada jaman sebelumnya..nenek moyang Nabi Musa sudah hidup di wilayah Yerusalem, yang kemudian pada beberapa keturunan berikutnya..dikenal sebagai kaum / suku Yahudi (keturunan dr Nabi Yusuf)..

Pada saat Nabi Muhammad berusia 48 tahun,beliau melakukan perjalanan dari kota Mekah menuju kota Yerusalem,untuk selanjutnya melakukan perjalanan Isra Miraj. Perjalanan tersebut memakan waktu 100 hari dengan menunggang kuda sejauh ± 3000km. Pada saat perjalanan tersebut,belum berdiri Masjidil Harom, Masjidil Aqso ataupun Masjid Umar. Secara logika..kepergian Nabi Muhammad (yang pada saat itu sebagai pemimpin umat) pastilah didahului oleh ’tim advance’. Baik utk keperluan persiapan lokasi ataupun membuka jalan & perijinan. Karena dalam perjalanan tersebut,Nabi Muhammad melintasi wilayah2 yang dikuasai oleh penguasa daerah lokal, seperti El Taza, El Arif, dsb. Akhirnya perjalanan tersebut berjalan lancar & sampailah Nabi ke wilayah Tembok Ratapan. Lancarnya perjalanan Nabi,dikarenakan anggota ‘tim advance’ Nabi dipimpin oleh tokoh kaum Yahudi yang telah menjadi pemeluk agama Islam. Tokoh ini juga disegani oleh masyarakat Yahudi di Yerusalem. Sehingga penguasa wilayah yang dilintasi oleh Nabi (El Taza, El Arif, Yerusalem) segan & mengijinkan Nabi melintasi wilayahnya dengan selamat.

Sampailah Nabi ke Tembok Ratapan Tangis, yang di atasnya terdapat gua keci. Di atas goa tersebut terdapat batu yg biasa dipakai oleh Nabi sebeumnya utk melakukan tafakur (Nabi Yakub, Yusuf, Daud, Sulaiman, Musa). Kemudian Nabi melakukan tafakur di batu tersebut selama 120 hari sebelum akhirnya melakuan perjalanan ke Sidratul Muntaha. Peristiwa itulah yang kemudian dikenal dengan nama Isra Miraj. Pada saat itu pula Nabi mendapat perintah sholat. Dilakukanlah sholat yang pertama kali & Bilal yang melakukan adzan. Kemudian di lokasi tersebut dibangunlah Masjidil Aqso. Pembangunan Masjidil Aqso dilakukan oleh Nabi bersama para pengikutnya,yang diantaranya adalah kaum Yahudi yang sudah memeluk agama Islam.

Saat pembangunan pertama & pelaksanaan sholat 5 waktu, Masjidil Aqso belum menghadap ke Masjidil Harom (karena belum ada). Barulah sekitar 15 tahun kemudian,arah sholat di arahkan ke Batu Kabah di Masjidil Harom sebagai patokannya.

Usai mendirikan Masjidil Aqso, Nabi kembali ke Mekah dengan dikawal iring2an kaum Yahudi dgn jumlH yang lebih banyak dan telah beragama Islam. Tiba di Mekah, diusir & dikejar2 oleh kaum / suku Qurais yang dipimpin oleh Abu Jahal & Abu Lahab (yang katanya adalah paman Nabi). Kemudian pada saat usia Nabi 50 tahun, beliau melakukan perang di kota Madinah & menang. Kemudian turun temurun suku Yahudi – muslim, banyak yang menetap di kota Madinah hingga sampai keturunannya saat ini.

Untuk berziarah ke Masjidil Aqso; bebas waktunya untuk kaum muslim. Tapi bagi agama lainnya diatur hanya pada hari tertentu saja.

Sejarah Batu Gantung / Batu Tangis. Berada di latar (implasemen) gua & merupakan tempat duduk Nabi Musa ketika melakukan tafakur. Kemudian dipakai oleh Nabi2 selanjutnya & termasuk oleh Nabi Muhammad. Pada saat Irsa Miraj, Batu Gantung tersebut kemudian naik & membentuk rongga di bagian bawahnya, yang sekaligus menambah luas ruangan goa yang telah ada sebelumnya.


Sekilas tentang Kabah
Sekitar 200m disamping Batu Kabah, terdapat rumah tempat patung2 sebagai tempat persembahan kaum jahiliyah Raja Namrud. Kemudian patung2 tersebut dibuang & dibangunlah Masjidil Harom (yang berarti ’Rumah Haram’). Terlibat dalam proses pembangunan tersebut adalah Abu Motolib, yang merupakan trah bangsawan (yang katanya) keturunanRaja Namrud. Batu Kabah itu sendiri sebesar kepala kerbau. Karena 4 orang sahabat Nabi berebut untuk memindahkan batu tersebut,maka pemindahan Batu Kabah menggunakan 2 kain yng saling dikaitkan. Dimana semua ujungnya (ada 4 ujung) dipegang oleh ke-4 sahabat Nabi tersebut. Batu tersebut sudah ada semenjak zaman Nabi Ibrahim. Pada saat itu,batu tersebut hendak dirusak oleh kaum Namrud,yang kemudian mereka diserang oleh Burung Ababil yang melemparkan batu kepada mereka. Pada bangunanKabah juga terdapat batu lain,yaitu; Batu Hajar Aswat.

Pada saat Nabi berusia 63 thun (1 minggu sebelum beliau wafat), Nabi menjadi imam & memimpin Shalat Jumat (yang pertama kali & terakhir) di Masjidil Harom. Pada saat itu,Nabi menggerakkan umatnya untuk berkumpul di Masjidil Harom sebagai jamaah sholat. Bangunan Masjidil Harom pada saat itu juga masih sederhana (sejenis Mushola). Dan pada saat itu juga diresmikan bahwa Masjidi haram sebagai patokan arah kiblat untuk pelaksanaan sholat.

Kenapa Nabi memutuskan kiblat ke arah Masjidil Harom & bukan Masjidil Aqso..?? Padahal Masjidil Aqso-lah tempat pertama kali yg dibuat. Ini dikarenakan di bwah Masjidil Aqso terdapat Tembok Ratapan yang merupakan tempat ibadah kaum Nabi Musa (agama Hebron – kitab Taurat) & agar tidak rancu.

Suku Yahudi yang beragama muslim banyak terdapat di kota Madinah. Nabi meakukan hijrah dr Mekah ke Madinak (jarak ± 400km),karen diusir & dikejar2 oleh kaum / suku Qurais yang dipimpin oleh Abu Jahal & Abu Lahab (yang katanya adalah paman Nabi). Kemudian pada saat usia Nabi 50 tahun, beliau melakukan perang di kota Madinah & menang. Kemudian turun temurun suku Yahudi – muslim, banyak yang menetap di kota Madinah.





Yahudi & Palestine adalah nama suku. Di dalam suku tersebut juga terdapat orang2 yg memeluk berbagai agama, yakni ; Hebron (kitab Taurat - Nabi Musa), Kristen (kitab Injil - Nabi Isa) & Islam (kitab AlQuran - Nabi Muhammad SAW). Jadi jgn sampai kita bersikap salah dengan menyama-ratakan & membenci suatu suku. Suku Yahudi, Palestin, Jawa, Melayu, Cina..sama2 merupakan keturunan Nabi Adam - Siti Hawa. Tidak ada yg lebih unggul & semuanya bersaudara..

0 Responses so far.

Posting Komentar