Kamis, 18 Maret 2010 di 16.01 Diposting oleh blog misteri 1 Comment

gw si walaupun beragama islam.... saya kira teori evolusi sedikit banyak emang bener.....
kebayang ga si kalo jaman dulu tuh makhluk hidup tumpah ruah banget di bumi ini kalo ga ada teori evolusi......
trus jaman dinosaurus.... binatang2 itu gimana idup na tuh yang kek jerapah... kesian bener.....

btw gw bukan kyai atu orang pinter... cuma dpt2 ilmu dikid...


kalo banyak kyai tuh udah bilang kalo nabi adam tuh turun 5000 bc.....

nih ada sebuah fakta menarik.....

Time Line Manusia
A. 700 000 tahun yl, gen kita bermutasi dan terpisah lah antara neandethal dan manusia modern (still theory).
B. 45 000 tahun yl adalah era paling awal di mana mulai terdapat peninggalan manusia modern. tools, art paintings, etc. Fact.
C. 20 000 - 12 000 tahun yl migrasi manusia modern menduduki benua amerika. Fact.
D. 3500-3000 BC, bangsa sumeria (irak) menjadi bangsa paling tua di dunia yang memiliki bukti kemampuan menulis. Tidak lama kemudian bangsa mesir juga menunjukkan bukti yang sama di circa 3000-2000 BC. Fact.
E. 2500-2000 BC, tiba-tiba aja bangsa mesir bikin piramid. Bangsa suemria/babilon, bikin taman gantung. Fact.

Perhatikan kisah hidup manusia dari 1 - 4. Semuanya lambat. Tapi begitu kita bisa menulis. BAM!, dalam 1000 tahun kita bikin piramid. Jangan sangka bikin piramid itu gampang.

Syarat-Syarat Bikin Piramid
1. sarjana (halah!)
gak deng:
1. sebuah bangsa harus bisa matematika dan astronomi (karena piramid dibuat untuk kuburan dan melihat rasi-rasi bintang)
2. untuk bisa matematika, sebuah bangsa harus bisa menulis.
3. sebuah bangsa harus bisa farming dalam skala besar, karena farming = produksi makanan besar-besaram dengan tenaga sedikit. Sehingga sisa tenaganya bisa dijadikan budak untuk bikin piramid. Beda dengan hunting yang produksi makanan sedikit dan menggunakan tenaga 20-30 orang.
4. Kondisi agama dan sosialnya harus kompleks dan besar untuk bisa menghimpun banyak orang untuk membuat piramid.

and get this:
Dalam Islam,
1. manusia pertama yang memperkenalkan tulisan dan ilmu bintang adalah nabi Idris - rasul kedua setelah nabi Adam. Ini shahih
2. nabi Idris lahir dari keturunan Qabil, di Irak. Ini shahih
3. Menurut Sunnah Rasul, nabi idris dan Nabi Nuh berbeda kurang lebih 900-1000 tahun dengan nabi Adam. Ini shahih.
4. nabi Idris lahir di Irak dan menetap Mesir.

Kesimpulan:
Jika nabi Idris mengajarkan bangsa irak dan mesir menulis dan ilmu bintang, maka tahunnya kurang lebih 4000-3000 BC. maka, nabi Adam turun 5000 BC.

Melihat kondisi ini, susah juga untuk mempertahankan bahwa Nabi Adam turun ke Bumi 100 000 tahun yl untuk memulai peradaban modern karena hadist menyatakan bahwa beda Nabi Adam dan Nabi Nuh = 10 abad. Dan Nabi Idris itu diutus di antara Nabi Adam dan Nabi Nuh.

Argumen yang Mungkin Timbul dari Kesimpulan di Atas
manusia pertama?
Lha kalo nabi Adam turun 5000 BC, siapa dong nenek moyang manusia yang meninggalkan jejak di poin B dan C? Bukankah nabi Adam manusia pertama?

Belum tentu.

Gak percaya? Simak ayat di bawah:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi."
Mereka berkata "Apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu orang yang membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memujimu serta mensucikan-Mu?"
Al Baqarah 30-39

Allah gak bilang menjadikan manusia pertama. Dia bilang KHALIFAH. Pemimpin umat.
Malaikat tidak bisa melihat masa depan karena hanya Allah yang tahu. jadi malaikat tahu bahwa manusia itu kerjanya membuat kerusakan di muka bumi.

Implikasinya besar dan luas.
Artinya
- Sejak evolusi, kita memang sudah hampir sempurna. Udah punya otak yang cukup untuk punya sense of art untuk bikin lukisan gua. Intelligence untuk membuat tombak, jaring, periuk dan kail di circa 45000-20000 tahun yl. Udah punya free will, minimal untuk memutuskan untuk travel sampai lintyas alaska di 20000-12000 tahun yl. Although must say that whoever decidde to settle in freezing Alaska is an idiot.

Tapi saat itu, manusia belum punya KHALIFAH yang memimpin mereka dan mengajarkan mereka Islam.

Mengenai kerusakan yang nenek moyang kita buat di muka bumi. Banyak. Hunter and gatherer itu kerjanya bikin punah semua binatang. cara mereka berburu sdaat itu adalah berkelompok 20-30 orang. istilahnya big game. Mereka menghalau 1 kawanan mammoth atau rusa atau bison 30-40 ekor dan cara bunuhnya? menghalau mereka dalam kepanikan untuk masuk jurang.

Padahal 1 mammoth aja udah bisa bikin kenyang.

Hal-Hal yang mendukung Nabi Adam Turun di circa 5000 BC
Ilmu
ilmu menulis dan perbintangan adalah hal penting yang menjadi percepatan kemajuan sebuah peradaban. Itu pasti. Lu liat semua piramid di dunia, dan semua agama pagan di dunia, maju gak maju, mekrea mendedikasikan piramid itu untuk melihat posisi bintang. Semua agama pagan punya bintang dan rasi bintang masing-masing. Jika nabi Adam turun di 100 000 tahun yl, maka nabi Idris turun di circa 100 000 tahun yl juga. Pertanyaannya: kalo memang mereka turun 100 000 thn yl, kenapa piramid, farming dan kerajaan baru ada di earliest, 3000 BC?

Farming
Ingat juga bahwa ketika nabi Adam turun, dia sudah turun membawa ilmu farming. artinya Nabi Adam turun setelah era hunter and gathering lewat. gak percaya?
Dalam persitiwa Habil dan Qabil, Habil menyembahkan hasil ternak dan Qabil hasil taninya.

Ragam genetika
teori bahwa Adam turun di circa 5000 BC membuat genetika Adam make more sense, science wise. maksudnya gini.
dalam hadist disebutkan bahwa Adam memiliki 20 anak kembar dan dia menikahsilangkan mereka dan dari mereka terbentuk ras-ras lainnya.

pertama, ini gak pernah ada di ayat Qur'an. ini hanya hadist yang statusnya gua sendiri lupa shahih atau nggak.
kedua, pernikahan yang dekat seperti ini berersiko cacat mental. nah meski gua tahu pembaca gua cacat mental semua, kawin kakak adik ini gak make sense.

Teori Adam turun di mana manusia lain sudah turun duluan membuat genetikanya make sense. Adam bisa menikahkan anak-anaknya dengan orang-orang dari berbagai suku yang dia temui dan dia ajarkan islam.

Ada satu hal terakhir yang menggelitik gua sebelum gua tutup postingan ini. rasul pernah bilang "beda antara nabi adam dan nabi nuh adalah 10 abad."

Hal yang paling menakutkan dari sebuah ajaran adalah keterbatasan bahasa dalam translasi.

10 abad ini lah yang membuat nabi adam turun di circa 5000 BC. tapi gimana kalo kata abad itu sebeernya bukan abad. tapi era. jadi maksudnya 10 era. 10 millenium. Atau 10 era panjang misalnya 10 x 1000 tahun atau 10 x 10000 tahun.

gak tau deh, gua mesti belajar lebih banyak lagi.

Hope this has been insightful tho.

1 Response so far.

  1. Anonim says:

    tulisan bagus...
    Saya setuju adam adalah khalifah pertama yg bisa memimpin manusia untuk kebaikan...
    nah sebelum adam memang sudah ada manusia lain ..yang besar besar dan berumur panjang...seperti bangsa sumeria

Posting Komentar